Senin, 26 Mei 2014

Hii, Bakteri di Mesin ATM Sama Seperti Toilet Umum?



Menjalani aktifitas yang padat, terutama aktifitas di tempat umum atau luar ruangan memang mengharuskan kita agar terus waspada untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Salah satu hal sepele yang tak diperhatikan adalah saat melakukan transaksi di mesin ATM.
Tanpa kita sadari, mesin ATM yang kerap kita gunakan sebagai salah satu kebutuhan sehari-hari ternyat juga menjadi salah satu ‘wadah’ penyebaran virus dan bakteri dari penyakit menular.
Bahkan seperti yang dilaporkan oleh Women’s Health, bakteri yang terdapat di mesin ATM ternyata sama seperti yang ditemui di toilet umum.
Fakta tersebut seperti yang dilontarkan oleh Dr. Richard Hasting, seorang ahli mikrobiologi asal Inggris. Hasting meneliti salah satu ATM tersibuk di publik untuk membuat penelitian.
Ia mengambil sampel di tombol numerik mesin tersebut dan membandingkannya dengan sampel yang ia ambil di toilet umum. Hasilnya? Kedua sampel sama-sama mengandung pseudomonas dan basil, yang merupakan bakteri penyebab diare.
Penelitian ini pun menambah panjang daftar tempat umum yang meski terlihat bersih sekalipun namun ternyata mengandung banyak kuman, diantaranya telepon umum, halte bus, dan stasiun kereta.
Jangan pernah mengabaikan cuci tangan setelah memegang benda-benda di tempat umum dan sebelum makan ya Dreamers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar