Sabtu, 22 Maret 2014

Apakah Membunyikan Jari Berbahaya Bagi Kesehatan?



Pertanyaan: Saya sering membunyikan jari-jemari saya. Apakah kebiasaan ini berbahaya?

Pakar kesehatan: Pedro K. Beredjiklian, M.D., kepala bedah tangan di The Rothman Institute.

Jawaban: Mungkin tidak. Namun, apakah Anda akan benar-benar menghentikan kebiasaan tersebut jika jawabannya adalah “ya?”

Namun sebelum kami memberikan penjelasan lebih lengkap, silakan Anda simak info seputar anatomi berikut ini: Tangan memiliki begitu banyak sendi, titik yang mempertemukan dua (atau lebih) tulang. Ligamen menghubungkan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya, dan sebuah kapsul yang berisikan cairan sinovial (pelumas alami tubuh) mengelilingi sekujur sendi.

Hal yang mungkin Anda tidak ketahui:
Ketika Anda menekan atau menarik jari untuk dibunyikan, hal yang sebenarnya Anda lakukan adalah meregangkan kapsul yang menyelimuti sendi. Hal itu mengurangi tekanan di dalam kapsul sendi, sehingga menyebabkan gas yang larut dalam cairan sinovial (antara lain karbon dioksida, nitrogen dan oksigen) masuk ke dalam ruang kosong untuk menyeimbangkan tekanan. Seperti halnya menarik tutup botol sampanye, proses perilisan tersebut menyebabkan jari Anda berbunyi.

Rasanya sangat enak karena secara bersamaan proses tersebut meregangkan sendi dan merangsang ujung-ujung saraf hingga 30 menit, yang merupakan durasi yang diperlukan bagi gas untuk kembali larut ke dalam cairan sinovial sebelum Anda kembali membunyikan jari Anda.

Membunyikan jari tidak menyebabkan penyakit artritis.
Sebagai pembuktian, Donald L. Unger, M.D. membunyikan jari-jemari di tangan kirinya - namun tidak pernah membunyikan jari-jemari di tangan kanannya -  setiap hari selama lebih dari 60 tahun, tanpa efek samping. Pada 2009, ia bahkan memenangi penghargaan Ig Nobel Prize (versi parodi Penghargaan Nobel) dalam bidang kedokteran lewat penelitiannya itu.

Namun ada sedikit laporan mengungkapkan bahwa membunyikan jari memiliki keterkaitan dengan keseleo dan formasi pertumbuhan di belakang sendi, ujarnya. Tapi masalah tersebut jarang sekali terjadi dan mungkin tidak cukup meyakinkan Anda untuk berhenti membunyikan jari.

Namun, jika kebiasaan Anda membunyikan jari membuat orang yang ada di sekitar Anda merasa ngilu, itu lain dalam cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar