Senin, 10 Maret 2014

Menggemaskan Tetapi Juga Mematikan


Slow Loris atau Kukang adalah kelompok beberapa spesies dari strepsirrhine primata yang membentuk genus Nycticebus. Ditemukan di Selatan dan Asia Tenggara , mereka berkisar dari Bangladesh dan India Timur Laut di barat ke Filipina di timur, dan dari Yunnan provinsi di China di utara ke pulau Java di bagian selatan. Meskipun banyak klasifikasi sebelumnya diakui sesedikit satu spesies all-inclusive, sekarang ada setidaknya delapan yang dianggap valid: the kukang Sunda (N. coucang), Benggala ekor kukang (N. bengalensis), kukang pygmy lambat (N . pygmaeus), Javan slow loris (N. javanicus), kukang Kalimantan (N. menagensis), N. bancanus , N. borneanus , dan N. kayan .

Kerabat terdekat kelompok yang lain lorisids , seperti lorises ramping , pottos , pottos palsu , dan angwantibos . Mereka juga erat kaitannya dengan sisa lorisoids (berbagai jenis Galago ), serta lemur dari Madagaskar . Sejarah evolusi mereka tidak pasti karena mereka fosil record tambal sulam dan jam molekuler penelitian telah memberikan hasil yang tidak konsisten.

Sedikit yang diketahui tentang struktur sosial kukang, tapi mereka umumnya menghabiskan sebagian besar malam mencari makan sendiri. Individu tidur di siang hari, biasanya sendirian tapi kadang-kadang dengan kukang lainnya. Rumah rentang dewasa mungkin signifikan tumpang tindih, dan mereka laki-laki umumnya lebih besar daripada betina.

Dengan tidak adanya studi langsung dari genus, ahli primata Simon Bearder berspekulasi bahwa perilaku sosial Kukang mirip dengan yang dari Potto, lain bergerak lambat primata nokturnal. Sistem sosial tersebut dibedakan oleh kurangnya matrilineal dan oleh faktor-faktor yang memungkinkan kukang untuk tetap mencolok dan meminimalkan pengeluaran energi. Pertukaran vokal dan panggilan alarm terbatas,. Aroma marking dengan urine adalah bentuk dominan dari komunikasi laki-laki dewasa sangat teritorial dan agresif terhadap laki-laki lain.

Vokalisasi termasuk afiliatif (ramah) panggilan krik, dan panggilan keras menyerupai gak gagak. Ketika terganggu, kukang dapat juga menghasilkan desis berdengung rendah atau growl. Untuk melakukan kontak dengan orang lain, mereka memancarkan nada meninggi tunggal bernada tinggi, dan perempuan menggunakan whistle tinggi ketika di estrus .

Di Indonesia, kukang disebut malu malu atau "malu satu" karena mereka membeku dan menutupi wajah mereka ketika tutul. Jika terpojok, mereka dapat mengadopsi sikap defensif dengan meringkuk dan menerjang di predator. The Aceh nama, buah Angin ("monyet angin"), mengacu pada kemampuan mereka untuk "diam-diam melarikan diri tapi sekilas". Sedikit yang diketahui tentang predasi dari kukang. Predator yang terdokumentasi termasuk ular, yang jambul elang (Nisaetus cirrhatus), dan orangutan Sumatera (Pongo abelii).

Predator potensial lainnya termasuk kucing, beruang madu (Ursus malayanus), binturongs (Arctictis binturong), dan musang Kukang menghasilkan sekresi dari brakialis mereka kelenjar (kelenjar bau pada lengan atas dekat ketiak ) yang menjilat dan dicampur dengan air liur mereka. Dalam tes, tiga predator-binturongs, macan tutul (Neofelis nebulosa), dan matahari beruang-mundur atau menunjukkan tanda-tanda lain dari ketidaksenangan ketika disajikan dengan penyeka kapas diurapi dengan campuran sekresi beracun dan air liur, sedangkan sekresi beracun saja dihasilkan ringan bunga.

Sebelum menyembunyikannya keturunan mereka di lokasi yang aman, kukang perempuan akan menjilat kelenjar brakialis mereka, dan kemudian laki-laki muda dengan toothcomb mereka, menyimpan racun pada bulu mereka. Ketika terancam, kukang juga dapat menjilat kelenjar brakialis dan menggigit penyerang mereka, memberikan racun ke dalam luka. Kukang bisa enggan untuk melepaskan gigitan mereka, yang kemungkinan akan memaksimalkan transfer racun. Gigitan beracun ini adalah sifat langka di antara mamalia dan unik untuk lorisid primata.

Menurut cerita rakyat, sekresi kelenjar brakialis umumnya diduga mengandung racun karena reaksi anafilaksis jelas oleh manusia berikut gigitan mereka. Kukang memang bisa menimbulkan gigitan menyakitkan. Dealer Hewan di Asia Tenggara terus tangki air di dekatnya sehingga dalam kasus gigitan, mereka dapat menenggelamkan kedua lengan mereka dan kukang untuk membuat hewan melepaskan.

Racun diklaim lorises memperkenalkan mirip dengan alergen di kucing bulu , maka tampaknya paling masuk akal bahwa sekresi hanya menimbulkan reaksi alergi, tidak toksikosis. Loris gigitan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan, tetapi mereka tidak berbisa dan tidak fatal. Kasus tunggal kematian manusia yang dilaporkan dalam literatur ilmiah diyakini telah dihasilkan dari shock anafilaksis . Potto Terkait erat dan lorises ramping juga menimbulkan gigitan berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar